Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Mengontrol Kolesterol

Manfaat Temulawak yang Wajib Diketahui

Negara Indonesia memiliki banyak sekali tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan. Temulawak adalah salah satu dari sekian banyak herbal yang banyak khasiatnya. Selain untuk kesehatan, manfaat temulawak juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengontrol kadar kolesterol jahat.


Tanaman herbal ini juga sudah sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan jamu tradisional. Cocok sekali dikonsumsi di era new normal saat masyarakat sudah mulai beraktivitas di tengah pandemi.

Mengenal Temulawak Lebih Dekat

manfaat temulawak
Gambar Temulawak Utuh Dan Serbuk

Tanaman herbal berkhasiat ini memiliki nama ilmiah curcuma xanthorrhiza. Tanaman ini masuk ke dalam golongan temu-temuan atau zingiberaceae.

Tanaman ini berasal dari Indonesia dan mudah ditemukan di Pulau Jawa. Penyebaran temulawak hingga ke berbagai wilayah. Namun, sebagian besar tanaman ini hanya dibudidayakan di Indonesia, Filipina, Thailand, dan Malaysia.

Selain Asia Tenggara, herbal ini juga bisa ditemukan di Indochina, Barbados, India, China, Korea, Amerika Serikat, Jepang, dan beberapa negara di Benua Eropa.

Di beberapa daerah lain, tanaman herbal ini memiliki nama yang berbeda. Di Jawa Barat dikenal dengan nama koneng gede. Sedangkan di daerah Madura, tanaman ini disebut dengan nama temu lebak.

Ciri-Ciri Temulawak

Tanaman herbal ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan kunyit. Salah satu persamaan antara keduanya adalah memiliki daging atau bagian dalam berwarna kuning. Namun, jika kita perhatikan secara seksama, ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya.

Sebelum kami bahas apa saja manfaat temulawak, Yuk, kenali ciri-cirinya terlebih dahulu. Berikut telah kami rangkum ciri-ciri temulawak :

  • Tanaman berbatang semu ini mampu tumbuh lebih dari 1 meter, namun kurang dari 2 meter
  • Setiap daunnya memiliki 2 hingga 9 helai. Bentuk daunnya bundar dan memanjang. Warna daun umumnya hijau atau coklat agak keunguan terang hingga gelap
  • Kelopak bunganya memiliki panjang sekitar 8 hingga 13 mm. Warnanya putih berbulu
  • Mahkota bunganya berbentuk tabung dengan panjang hingga 4,5 cm
  • Akar rimpang berwarna hijau gelap. Cabang akarnya kuat dan terbentuk secara sempurna
  • Daun memiliki panjang 31 hingga 84 cm dan lebarnya sekitar 10 hingga 18 cm
  • Panjang tangkai tanaman, panjang daun termasuk helainya bisa mencapai 43 hingga 80 cm

Kandungan dalam Temulawak

Manfaat temulawak tidak lepas dari kandungan-kandungan yang ada di dalamnya. Banyak sekali kandungan bermanfaat yang ada pada tanaman herbal ini. Kandungan-kandungan terbaiknya yaitu seperti :

• Lemak
• Serat
• Kalium
• Protein
• Karbohidrat

Selain kandungan di atas, ada salah satu kandungan terbaik yang hanya bisa ditemukan pada tanaman ini. Kandungan spesial tersebut yaitu kurkumin yang bagus untuk kesehatan.

Herbal ini juga memiliki kandungan yang berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Kandungan tersebut yaitu phellandren, turmerol, dan borneol. Ketiga kandungan tersebut juga mampu melancarkan proses metabolisme dan membantu proses pemulihan tubuh karena penyakit.

manfaat temulawak untuk kesehatan
manfaat temulawak untuk kesehatan

8 Manfaat Temulawak

Melihat dari kandungan-kandungan di atas, maka tidak heran jika herbal ini punya banyak manfaat.

Didukung pula dengan penelitian dan studi yang menyimpulkan bawah temulawak memiliki segudang manfaat. Adapun manfaat temulawak adalah :

  1. Menurunkan Kolesterol
    Tanaman herbal ini sudah lama dipercaya mampu menurunkan kolesterol secara efektif. Pasalnya, kandungannya memiliki sedikit sekali efek samping. Mengonsumsi temulawak juga bagus untuk pasien yang sedang menggunakan terapi statin untuk menurunkan kolesterol.
    Terapi statin memiliki efek samping gangguan hati pada pasien. Jika terapi tersebut dikombinasikan dengan temulawak, maka efek sampingnya akan berkurang. Pasalnya, tanaman ini bagus untuk kesehatan hati atau liver.
    Sederhananya, efek hepatoprotektor dari tanaman herbal tersebut, bagus untuk mendukung terapi statin.
  2. Bagus untuk Kesehatan Lambung
    Minuman atau hasil rebusan temulawak dapat merangsang produksi cairan empedu. Sehingga sangat bagus sekali untuk metabolisme makanan di dalam tubuh dan juga menyehatkan saluran pencernaan.
    Menurut para ahli, tanaman yang satu ini juga bagus untuk beberapa permasalahan pencernaan atau lambung. Anda bisa mengonsumsinya untuk mengatasi perut kembung, maag, dan membantu pencernaan yang tidak lancar.
    Menurut penelitian, bahkan jika dikonsumsi secara rutin, herbal ini juga mampu meningkatkan nafsu makan.
    Menurut jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology, minuman ini bagus untuk pasien radang usus. Disarankan untuk diminum setiap hari untuk mengatasi peradangan pada usus.
    Bahkan, menurut penelitian dari jurnal tersebut, kesembuhan pasien radang usus lebih cepat dengan mengonsumsi temulawak.
  3. Bagus untuk Kesehatan Hati atau Liver
    Bukti bahwa temulawak bagus untuk liver ternyata sudah ada datanya secara medis. Menurut Scientific Research Journal, temulawak yang sudah diekstrak mampu melindungi liver dari hepatotoksik.
    Sebagai informasi, hepatotoksik sendiri merupakan sebuah bahan kimia. Bahan tersebut dapat menyebabkan gangguan pada hati. Dengan mengonsumsi herbal temulawak, maka kesehatan liver bisa tetap terjaga.
  4. Bermanfaat sebagai Antispasmodik
    Dalam tanaman herbal ini terdapat sebuah minyak yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Minyak tersebut dapat berfungsi sebagai antispasmodik yang masuk ke dalam golongan obat bersifat relaksan otot polos.Antispasmodik sendiri merupakan obat yang masih berkaitan dengan pencernaan. Khasiatnya yaitu untuk merilekskan otot halus pada usus. Dengan begitu, usus kita menjadi tidak mudah kejang.
    Antispasmodik juga merupakan sebuah obat yang dapat mengatasi kondisi irritable bowel syndrome (IBS). IBS merupakan suatu kondisi di mana usus besar mengalami gangguan yang diakibatkan oleh kontraksi otot yang tidak normal.
    Orang yang mengalami IBS biasanya akan mengalami gejala seperti sembelit, diare, kram perut, sakit perut, dan kembung. Dengan temulawak semua gejala-gejala tersebut bisa menjadi ringan.
  5. Membantu Mengatasi Jerawat
    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, selain bagus untuk kesehatan juga bagus untuk kecantikan. Anda juga bisa menggunakan tanaman ini untuk mengatasi jerawat. Bahkan, herbal yang satu ini sudah sering digunakan pada produk-produk kecantikan.
    Tanaman mirip kunyit ini memiliki sifat astringent yang bagus untuk mengurangi produksi minyak. Selain itu juga memiliki kandungan antiseptik yang bagus untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.
    Sangat bagus sekali digunakan untuk jenis-jenis jerawat yang meradang. Jika rutin menggunakannya, peradangan akibat jerawat pun akan berangsur sembuh.
  6. Sebagai Antibakteri dan Antijamur
    Senyawa antibakterinya tidak hanya bagus untuk mengatasi jerawat saja. Anda bisa memanfaatkannya untuk beberapa kondisi lain. Selain itu juga memiliki senyawa antijamur yang bagus untuk kesehatan.Temulawak bisa digunakan untuk membasmi bakteri seperti salmonella dan staphylococcus.
  7. Mengatasi Penyakit Akibat Peradangan
    Antiradang merupakan salah satu senyawa lain yang ada pada temulawak. Bisa Anda manfaatkan untuk menghambat produksi prostaglandin E2 yang dapat menyebabkan timbulnya peradangan. Kandungan anti radangnya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang diakibatkan oleh peradangan. Salah satunya yaitu seperti radang sendi.
  8. Membantu Mencegah dan Mengobati Kanker
    Sebagian para ahli percaya bahwa temulawak bisa mencegah dan mengobati kanker. Meskipun pada kenyataannya masih sangat sedikit sekali penelitian yang mendalam terkait manfaatnya untuk kanker. Namun faktanya, tanaman herbal ini pernah digunakan untuk membantu beberapa penyakit kanker. Misalnya seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus.
    Manfaatnya ini bahkan didukung oleh sebuah riset yang mengatakan bahwa, temulawak bagus untuk menghambat pertumbuhan kanker.
herbalice original

Besarnya manfaat temulawak untuk kesehatan menjadi salah satu kelebihan dari tanaman ini. Kini bahkan ada cara mudah mengonsumsinya tanpa harus repot membuat racikan sendiri. Dengan produk Herbalice yang terbuat dari ekstrak temulawak , Anda bisa langsung menyeduh dan meminumnya rasanya segar dan menyehatkan.

 

link terkait manfaat temulawak :